Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia ?

ASKEP Asuhan Keperawatan
Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia ? Insmonia merupakan permasalahan yang hampir dialami oleh setiap manusia, termasuk kalian yang masih duduk dibangku kuliah akademi keperawatan. Insomnia akan dialami oleh mahasiswa perawat saat mereka akan mengikuti ujian, menunggu hasil ujian, presentasi makalah atau karya tulis, bahkan mengikuti dan menjalankan praktik keperawatan di rumah sakit. Dan hal lain yang juga mempengaruhi terjadinya insomnia adalah menjalin kasih dengan teman sekelas atau dengan semester lain, wuih kalau yang ini bisa-bisa mengalami insomnia berat tapi hal ini juga memicu semangat belajar karena takut kalah saing dengan kekasihnya,, betul begitu??

Sebenarnya apa sich insomnia itu? Insomnia adalah adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur, walaupun ada kesempatan untuk berupaya untu tetap tidur, masih saja yang bersangkutan tetap mengalami gangguan tidur

Namun cara mengatasi insomnia tergantung dari kemampuan anda untuk menghindari penyabab insmonia, namun jika hal ini telah terjadi dan dialami oleh anda, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah tidur. Karena saat itu tidur atau istirahat, tubuh melakukan proses perbaikan dalam hal kebugaran tubuh. Namun dengan tidur juga bukanlah cara terbaik untuk mengatasi insomnia karena kedua hal ini saling bertentangan!

Penderita insomnia mendapat kesulitan untuk tidur nyenyak. Ia akan tidur sekejap untuk kemudian mudah terbangun lagi, sering terbangun oleh mimpi buruk sehingga saat terbangun di pagi hari badan terasa lelah, tidak bergairah, dan diliputi keengganan untuk memulai bekerja.

Insomnia sering tidak dapat diatasi hanya dengan sekadar obat tidur karena kaitan insomnia adanya kondisi kecemasan psikologis sangat kuat dalam diri orang tersebut. Bahkan, insomnia itu sendiri justru merupakan gejala yang bisa muncul oleh bermacam konflik emosional yang diderita seseorang. Jadi, gejala insomnia bukanlah gejala tunggal, kecuali pada gangguan tidur yang disebabkan oleh luka pada tubuh.

Cara mengatasi insomnia, seseorang tidak serta merta melakukannya sendiri jika ia mengalaminya secara akut. Nasehat dokter dan psikolog menjalan cara yang tepat untuk mengatasinya karena meskipun mengalami sendiri seseorang belum tentu tahu pasti apa yang telah dialaminya, siapa tahu sumber utama keluhan insomnia justru terletak pada aspek kepribadian penderita itu sendiri.

Namun, jika anda mengalami insomnia dan berupaya melakukannya sendiri, cobalah beberapa tips sederhana berikut cara mengatasi insomnia :
  1. Rileksasi
    Cobalah membuat diri rileks satu jam menjelang tidur dengan mendengarkan musik yang lembut atau membaca cerita ringan yang tidak merangsang gejolak emosi.

    Lemaskan otot-otot persendian, jari-jari tangan atau kaki, karena ini akan membantu peredarahan darah anda normal dan otot-otot tidak menjadi tegang.
  2. Aktifitas
    Hindarilah aktivitas fisik yang melelahkan sebelum tidur. Rencanakan kegiatan menyikat gigi, aktivitas di toilet, dan membersihkan tubuh satu jam sebelum tidur.
  3. Tenang
    Jika terasa sulit tidur, lebih baik berbaring diam melepas lelah daripada gelisah dan membalik-balikkan badan di tempat tidur karena tidur tidak akan datang. Tidur merupakan aktivitas yang datang dengan sendirinya secara rileks dan lembut, bukan hasil perjuangan yang keras. Jadi, semakin tubuh bergerak gelisah semakin jauh kemungkinan kita bisa tertidur dengan nyenyak.
  4. Suasana
    Buatlah suasana yang nyaman dan tenang. Misalkan anda terbiasa tidur dengan penerangan lama maka hidupkan lampu jang terpengaruh dengan nasehat yang mengatakan jika mematikan lampu bisa cepta tidur, malahan itu akan membuat anda semakin tidak nyaman dan sulit tidur atau begitu pun juga sebaliknya.

    Jika suasana ramai, misalkan oleh anak-anak anda yang masih sedang bermain-main maka bergabunglah dengan mereka, buanglah semua pikiran yang ada di benak anda, ikutilah permainan anak anda atau usulkan permainan yang sekiranya menarik buat anak-ana anda karena dengan berguaru, bermain-main denga tingkah polos anak-anak kita, kita akan mendapatkan suasana yag nyaman, yang rileks setelah itu.
  5. Permasalahan
    Jika kita menyadari bahwa ada masalah yang belum terselesaikan, hendaknya kita cari bantuan profesional untuk mendapat solusi yang tepat. Yakinkan diri kita bahwa melalui ketekunan akan dapat menyelesaikan masalah yang selama ini mengakibatkan ketegangan emosi yang berperan dalam insomnia yang diderita dan jangan lupa peran serta keluarga sangat membantu anda dan permasalahan anda dan ini merupakan cara terbaik sebelum anda meminta pertolongan orang lain.
  6. Berdoa
    Hal kecil yang sering kita lupakan sebelum melakukan sesuatu adalah doa. Begitupun saat anda mengalami insomnia. Cobalah sejenak sebelum tidur anda pejamkan mata, atur irama pernafasana, dan berdoalah serta bacalah sholawat agar hati dan pikiran kita tenang. InsyaAllah, dengan hanya melakukan hal terakhir ini, anda tidak perlu melakukan poin-poin yang diatas untuk mengatasi insomnia