Alat-Alat Kesehatan (ALKES)

ASKEP Asuhan Keperawatan
Alat-Alat Kesehatan (ALKES) - Pada artikel ini dan untuk artikel selanjutnya, Pak Mantri Online akan membahas tentang alat-alat kesehatan (ALKES) karena adanya pertanyaan via email yang menanyakan, kenapa page menu untuk alat kesehatan masih kosong? Sebenarnya, artikel untuk page menu alat kesehatan sudah saya buat tapi karena beberapa hal, saya belum sempat mengupdatenya dan untuk permintaan tersebut maka mulai artikel ini dan selanjutnya akan membahas alat-alat kesehatan (ALKES). Namun untuk artikel lainnya akan tetap dilanjutkan, seperti Asuhan Keperawatan, Info Kesehatan, Tips Sehat, Download Askep dan page menu Sejarah Keperawatan yang masih kosong, nantinya akan di update juga. Semoga hal ini bisa dijadikan maklum karena adanya keterbatasan waktu dari saya yang tidak selalu online.

Pengertian Alat-Alat Kesehatan (ALKES)
Apa sich alat kesehatan itu? Apakah berupa suntikan? Berupa obat? Atau alat-alat yang digunakan oleh seorang dokter?
Alat-alat kesehatan biasanya disingkat dengan ALKES yang juga disebut dengan Medical Instruments atau alat-alat kedokteran atau alat-alat medis adalah barang, isntrumen, atau alat termasuk tiap komponen didalamnya, bagian atau perlengkapannya yang diproduksi, dijual atau yang digunakan dengan maksud sebagai pemeliharaan dan perawatan kesehatan, diagnosa, penyembuhan, peringanan atau pencegahan penyakit, pemulihan, perbaikan suatu fungsi struktur tubuh manusia dan atau sebagai diagnosa kehamilan, pemeliharaan selama hamil, setelah melahirkan dan atau untuk mencegah kehamilan dan yang tidak termasuk golongan obat.

Pengertian alat-alat kesehatan (ALKES) diatas masih merupakan pengertian secara dasar dalam ilmu kesehatan namun sudah lebih luas ruang lingkupnya dari pada alat kedokteran sendiri.

Penggolongan Alat-Alat Kesehatan (ALKES) :
Penggolongan alat-alat kesehatan dibagi menjadi beberapa macam diantaranya menurut :
  1. Fungsi Alat Kesehatan
    • Peralatan medis: instrumen seperti X-Ray, ICU, ICCU, Obgyn, Kardiologi dan utensilie seperti alat pembalut, urinal, kateter dan sebagainya.
    • Peralatan non medis: seperti generator, laundry, dapur, dan sebagainya.
  2. Sifat Alat Kesehatan
    Penggolongan alat kesehatan menurut sifat (pemakaian) dibagi menjadi dua, peralatan yang habis pakai (consumable) dan yang dapat digunakan secara terus-menerus.
  3. Kegunaan
    Menurut kegunaannya alat kesehatan dibagi sesuai dengan kekhususan penggolongan. Misal peralatan bedah, peralatan obgyn, peralatan orthopedi, peralatan THT atau lain sebagainya.
  4. Lama Pemakaian
    • Alat-alat kesehatan yang tidak memerlukan pemeliharaan atau yang hanya 1x pakai (disposable) atau yang habis terpakai (consumable) seperti alat suntik, pincet, gunting, alat bedah, dan sebagainya.
    • Alat-alat peralatan yang berumur 5 tahun, seperti peralatan laboratorium, peralatan ruang bedah dan sebagainya.
    • Alat-alat peralatan yang berumur lebih dari 5 tahun, seperti peralatan strilisasi, X-Ray dan sebagainya.
  5. Bentuk Alat Kesehatan
    • Alat-alat kecil seperti jarum suntik, alat bedah, alat THT, alat gigi, kateter dan sebagainya.
    • Alat-alat perlengkapan rumah sakit seperti meja operasi, autoclove, sterilizer dan sebagainya.
    • Alat-alat laboratorium, seperti reagens, gelas ukur dan sebagainya.
    • Alat-alat radiologi, seperti scanner, X-Ray, dan sebagainya.
Sedangkan menurut penyimpanannya, penggolongan alat-alat kesehatan dibagi menjadi alat-alat perawatan, alat-alat kedokteran, alat-alat laboratorium, alat-alat kedokteran gigi, alat-alat optik, alat bedah, alat bedah tulang, alat kedokteran hewan dan sebagainya.