ALKES | Alat Alat Pembalut

ASKEP Asuhan Keperawatan
ALKES | Alat Alat Pembalut - Pada artikel sebelumnya Pak Mantri Online telah membahas sedikit tentang apa itu alat-alat kesehatan dan penggolongannya. Dan pada artikel ini akan dibahas tentang alat-alat kesehatan yang berupa pembalut, bukan pembalut wanita loh ya :D Alat-alat kesehatan yang disebut sebagai alat-alat pembalut adalah alat untuk membalut dan menutupi sesuatu, seperti luka
    Alat Pembalut Digolongkan Menjadi :
  1. Plester
    Plester seperti pada umumnya tidak memiliki arti khusus namun dalam dunia kesehatan, plester dibagi menjadi :
    1. Autoclave Tape
      Plester ini digunakan untuk mengontrol keadaan mesin sterilisasi yaitu membedakan alat yang telah mengalami proses sterilisasi atau belum dengan adanya perubahan pada warna plester.
      Pada suhu 121°C plester akan berubah warna dengan ketentuan; pada 5 menit pertama 50% warna akan berubah, pada 15 menit selanjutnya 90% warna berubah dan pada 20 menit selanjutnya 100% warna plester berubah dari putih menjadi coklat.
      Plester autoclave tape berbentuk rol dengan ukuran 1/2"x60 yard dan 3/4"x60 yard. Bahan dari plester ini terbuat dari karet dan resin serta kertas yang dilapisi craft diatasnya.
    2. Adhesive Tape
      Kalau dilihat dari pengertian Adhesive yaitu perekat, jelas kita semua tahu kalau plester adhesive tape adalah plester yang umum digunakan. Masyarakat awam mengenal plester ini dengan sebutan plester saja atau plester rol-rolan yang berwarna kecoklatan yang tanpa mengandung obat. Contohnya; tensoplas atau handiplas.
    3. Medicinal Tape
      Kala yang medical tape ini adalah plester yang mengandung obat dan contohnya banyak sekali yaitu handiplas atau pun salonpas.
    4. Surgical Tape
      Surgical tape adalah plester yang digunakan dalam pembedahan yang tidak meninggalkan residu atau menimbulkan rasa sakit setelah dilepaskan serta tidak menyebabkan alergi atau gatal-gatal. Contohnya adalah durapore, blenderm.
    Sebenarnya masih ada 2 lagi plester, namun tidak akan saya jelaskan :)
  2. Gaas
    Jika seorang perawat berbicara sesuatu dengan pasien atau pun keluarga pasien dengan menyebut kata gaas maka pasien atau keluarga pasien tersebut akan binun eh bingung :) namun kalau kita menyebutnya dengan kata kasa maka mereka akan mengerti. Gaas (bhs. Belanda).
    Sama halnya dengan plester, Gaas atau kasa sudah banyak diketahui bentuk dan ukurannya dan secara umum ukuran kasa adalah 16/16, maksudnya dalam setiap inchi panjang dan setiap inchi lebar kasa terdapat 16 lubang.
      Macam-Macam Kasa (Gaas) Berdasarkan Golongan :
    1. Kasa Steril
      Kasa steril atau kasa hydrofil steril yang sering banyak digunakan adalah kasa yang berukur 18x22cm. Kegunaan dari kasa steril ini adalah menutupi luka untuk menghindari kontaminasi.
    2. Kasa Dressing
      Kasa dressing ini sebenarnya adalah verband atau perban yang biasa digunakan oleh masyarakat, hanya saja masyarakat mengartikan kalau perban itu yang panjang ukurannya. Dan pada artikel ini hanya digolongkan pada verband dengan ukuran pendek saja.
        Macam-Macam Verband (Kasa Dressing) Berdasarkan Ukuran :
      1. N.A Dressing : kasa non adhering adalah verband steril yang tidak melekat pada luka sehingga bisa digunakan untuk menutup luka terbuka atau luka bergranulasi. Ukuran 9,5cmx9,5cm, terbuat dari rayon nurni.
      2. Dermicel : verband steril dengan plester yang siap pakai. Ukuran 12,5cmx10cm, 19cmx10cm, 25cmx10cm.
      3. Surgipad : verband yang digunakan untuk mengeluarkan banyak eksudat atau ciaran. Ukuran 10x10cm, 10x20cm.
      4. Surgicel : digunakan untuk menghentikan perdarah kapiler, vena atau-atau arteri kecil. Ukuran 5cmx7cm.
      5. Eye pad : verband steril yang berbentu bantalan yang digunakan untuk menutup mata.
      6. Topper sponges : verband steril yang lebut dan ringan. Ukuran 10cmx10cm.
      Namun dalam penggunaannya, nama-nama verband/dressing diatas akan beganti nama disesuaikan dengan kondisi dan situasi.
      Selain diatas masih ada 3 ukuran verband itu sendiri yaitu 18inchix20inchi dan 24inchix36inchi yang digunakan sebagai penutup steril daeral insisi sebelum dilkakukan operasi (pembedahan).
    3. Kasa Medicinal
      Kasa medicinal ini adalah kasa yang mengandung bahan obat dan digunakan untuk luka atau luka lecet. Contohnya, Soefratulle.
    4. Perban (Pembalut)
      Kita mengenal perban sebagai kain pembalut berwarna putih yang panjang yang digunakan untuk membalut luka. Namun sekarang, perban sudah banyak sekali macam dan warnanya.
      Berdasarkaan macam dan bentuknya, perban digolongkan menjadi:
      • Kasa Hidrofil
      • Pembalut Elastis
      • Pembalut Leher
      • Pembalut Gips