Kesehatan Pikiran | Rahasia Pikiran Sehat dan Aktif

ASKEP Asuhan Keperawatan
Kesehatan Pikiran - Secara umum tubuh atau jasmani adalah bagian terluar dari manusia, orang lain bisa menebak apa yang ada di tubuh kita termasuk kesehatan tubuh. Tanda-tanda kesehatan tubuh akan mudah terlihat seperti anemia yang ditandai dengan pucat pada kulit, sakit gigi yang ditandai oleh meringis, gangguan pernafasan yang ditanda dengan sesak nafas, dan sebagainya. Namun lain halnya dengan kesehatan pikiran atau yang termasuk kedalam kesehatan rohani, orang lain tidak bisa mendeteksi secara langsung apakah kesehatan pikiran kita mengalami gangguan atau tidak, bahkan kita sendiri tidak tahu apa yang terjadi dengan pikiran kita.

Sama halnya dengan kesehatan badan, kesehatan pikiran juga perlu dijaga agar terjadi kesimbangan dan harmonisasi didalam diri kita. Untuk menjaga kesehatan pikiran tentu tidak sama dengan menjaga kesehatan badan, salah satu cara untuk menjaga kesehatan pikiran yaitu dengan melakukan yoga. Untuk melakukan yoga, perlu ada tambahan pembagian waktu untuk itu tapi dari sumber yang saya dapatkan, Boldsky, kesehatan pikiran bisa diperoleh melalui asupan makanan, daintaranya ;
  • Vitamin B Kompleks
    Vitamin B kompleks sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak. Makanan yang mengandung Vitamin B Kompleks antara lain kentang, kedelai, almond, brokoli, bayam, jamur, pisang dan telur.
  • Gandum Murni
    Gandum murni dapat meningkatkan konsentrasi dan kesadaran mental. Makan yang mengandung gandum murni antara lain gandum, sereal, roti gandum, dan beras merah.
  • Omega-3
    Omega-3 bermanfaat mengontrol stress, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, antara lain minyak zaitun, bawang putih, ikan tuna, kalkun, salmon, telur, nasi, sereal, dan pasta.
  • Karbohidrat
    Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat bermanfaat meningkatkan konsentrasi dan menambah asupan energi. Beras merah, apel, pisang, kismis, biji-bijian, dan kecambah merupakan makanan kaya karbohidrat.