Mengenal Apheresis

ASKEP Asuhan Keperawatan
Apakah apheresis itu? - Secara sederhana apheresis diartikan hanya mengambil komponen darah yang dibutuhkan oleh tubuh. Intinya, Apheresis adalah suatu proses pengumpulan dan pemisahan komponen darah secara otomatis dengan sebuah mesin menggunakan satu set jarum, selang dan kantong yang sekali pakai dan dibuang. Darah dari donor dialirkan pada set tersebut kemudian diproses dalam mesin (mesin apheresis). Dari hasil proses ini akan mendapatkan komponen darah apa yang diinginkan, misalnya trombosit. Sedangkan komponen darah yang tidak diinginkan dikembalikan ketubuh pendonor.
    PROSEDUR DONOR DARAH APHERESIS :
  1. Screening golongan darah & screening Apheresis
      Syarat :
    • Kesehatan umum baik, tdk sedang demam, batuk/flu.
    • Tdk sedang minum obat (Aspirin, antibiotika) dlm 1 minggu terakhir.
    • Tensi darah :
      - Sistole : 150-110 mmHg
      - Diastole : 90-70 mmHg
    • Berat Badan : - Pria minimal 55kg - Wanita minimal 60kg
  2. Jika lolos screening maka dilakukan Aferesis.
    SIAPA YG MEMERLUKAN TROMBO APHERESIS?
  1. Pasien yang terganggu sistem pembekuan darahnya karena sering mendapatkan pengobatan dengan radiasi, kemoterapi/cangkok stem cell, leukemia, kanker, kelainan darah serta Demam Berdarah Dengue (DBD).
    KEUNTUNGAN APHERESIS :
  1. Kualitas : mengurangi reaksi HLA Alloimunisasi, penularan Cytomegalovirus (CMV) & panas akibat reaksi transfusi darah non haemolytic.
  2. Kuantitas : 1 orang donor dapat menghasilkan platelet 1-2 dosis (1 dosis setara dg 10 kantong platelet manual).
  3. Jumlah trombosit akan pulih kembali 100% dlm waktu 2×24 jam.
    BIAYA APHERESIS :
  • Biaya Apheresis biasanya Rp 3.500.000,-utk 1 set pengambilan platelet apheresis.
PERBEDAAN APHERESIS vs WHOLE BLOOD (WH)
  1. Masa pemulihan darah
    Karena yang diambil hanya komponen darah tertentu, Donor Platelet Apheresis bisa dilakukan lagi 2 minggu setelah donor terakhir. Sementara Whole Blood baru bisa mendonor lagi setelah 3 bulan.
  2. Kriteria penggunaan:
    Apheresis diperlukan oleh pasien yang terganggu sistem pembekuan darahnya karena sering mendapatkan pengobatan dengan radiasi, kemoterapi/cangkok stem cell, leukemia, kanker, kelainan darah serta Demam Berdarah Dengue (DBD).
    Sementara WB diperlukan oleh pasien pendarahan saat operasi/kecelakaan.
  3. Waktu
    Apheresis : Sebuah jarum disuntikan pada lengan anda, selang-selang kecil akan dihubungkan dari jarum yang ditusukkan, darah diambil dialirkan ke dalam kit kemudian diproses oleh mesin (mesin apheresis) pemisah darah untuk memisahkan komponen tertentu, dan komponen darah lain dikembalikan ke dlm tubuh donor.
    Prosedur pengambilan platelet Apheresis memakan waktu rata-rata 90 menit. Sementara bila diambil donor Whole Blood kira-kira 7 menit.
  4. Kuantitas:
    Dari 1 orang pendonor, Apheresis dapat menghasilkan 1 Kantong trombosit 300ml, sementara melalui WB diperlukan 10 pendonor utk menghasilkan 1 Kantong trombosit 300ml.

Sumber GerakanBerbagi