Apa Itu Mesin Apheresis ?

ASKEP Asuhan Keperawatan
Apa Itu Mesin Apheresis ? - Mesin apheresis digunakan untuk mengumpulkan komponen darah tertentu. Mesin ini dibutuhkan untuk pasien penderita kanker leukimia guna memenuhi kebutuhan akan sel-sel darah tertentu.

Keistimewaan mesin apheresis ini terletak pada kemampuannya sebagai multi-apheresis procedural platform yang bisa digunakan saat terapi pada pasien dewasa dan khususnya bagi pasien leukimia akut anak-anak.

Jika pada proses terapi menggunakan mesin apheresis sebelumnya bersifat intermiten, namun mesin apheresis terbaru ini bersifat kontinu.

Mesin apheresis terbaru ini adalah seri COM.TEC yang hadir untuk pertama kalinya di Indonesia ada di Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD), Jakarta. Dibandingkan mesin sebelumnya, keunggulan dari mesin apheresis terbaru ini adalah keamanannya pada pasien kanker leukimia balita.

Pernyataan ini dipertegas oleh dr Ronald Hukom SpPD-KHOM, Kepala Instalasi Bank Darah dan Unit Apheresis RSKD yang mengatakan bahwa pada terapi apheresis menggunakan mesin terbaru ini aman bagi pasien balita karena darah yang ada di luar tubuh tidak perlu waktu lama untuk dialirkan lagi ke dalam tubuh. Sel yang tidak normal dikeluarkan. Sedangkan sel darah normal dialirkan kembali ke dalam tubuh dengan segera. Kalau orang dewasa, darah banyak berada di luar tubuh untuk beberapa saat tidak masalah, tapi untuk bayi berisiko. Tapi dengan mesin terbaru ini, bayi atau balita dengan leukimia dapat menjalani terapi dengan mesin ini karena aman bagi mereka.

Kegunaan lain mesin apheresis ini adalah untuk koleksi stem cell dari pendonor atau dari pasien itu sendiri (allogenic transplantation).