Sterilisasi

ASKEP Asuhan Keperawatan
Apa itu sterilisasi? Biasanya kata sterilisasi digunakan didalam bidang kesehatan khususnya untuk alat-alat kesehatan tapi untuk saat ini sterilisasi tidak hanya dilakukan dilayanan kesehatan tapi didalam industri rumah tangga, penerapan sterilisasi juga telah dilakukan.

Apa itu Sterilisasi?
Sterilisasi adalah suatu tindakan atau proses yang dilakukan secara fisika atau kimia, dengan tujuan untuk menghilangkan/membunuh/menghancurkan semua mikroorganisme, sehingga tercapai tingkat sterilitas yang sesuai dengan standart sterilisasi.

Sedangkan untuk steril sendiri kondisi bebas atau probabilitas keadaan bebas dari mikroorganisme.

Sedangkan untuk proses sterilisasi, metode yang digunakan adalah sterilisasi uap (steam), etilen oksida (ETO), hidrogen peroksida plasma gas dan asam peraceptic cair.

Proses sterilisasi yang baik dapat mengurangi risiko infeksi terkait dengan penggunaan peralatan medis dan bedah invasif dan non-invasif dan agar proses ini menjadi efektif, petugas kesehatan atau petugas sterilisasi harus secara ketat mematuhi rekomendasi pembersihan, desinfeksi dan sterilisasi yang berlaku saat ini.

Dalam standar pelayanan kesehatan saat ini telah ada rekomendasi untuk pembersihan, desinfeksi dan sterilisasi perangkat medis, juga untuk pembersihan dan desinfeksi lingkungan perawatan.