Macam-Macam Leukemia

ASKEP Asuhan Keperawatan
Macam-Macam Leukemia - Setelah pak Mantri membahas tentang leukemia pada artikel sebelumnya. Kini pak Mantri akan membahas tentang macam-macam leukemia sehingga dengan adanya pembahasan terhadap macam-macam leukemia ini kita akan mengetahui, leukemia seperti apa yang berbahaya atau tidak.

Marik kita bahas macam-macam leukemia berikut ini :
  1. Leukemia Limfositik
    Leukemia Limfositik Akut (LLA) merupakan tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.
    Leukemia limfositik akut dapat berakibat fatal karena sel-sel yang dalam keadaan normal akan berkembang menjadi limfosit, pada LLA berubah menjadi ganas dan dengan segera akan menggantikan sel-sel normal di dalam sumsum tulang.
    LLA merupakan leukemia yang paling sering terjadi pada anak-anak. Sel leukemia jenis ini bisa muncul di otak dan buah zakar. Untuk membunuh sel-sel ini biasanya dilakukan dengan kemoterapi dan terapi penyinaran selama beberapa minggu.
  2. Leukemia Mieloid Akut
    Leukemia Mielositik Akut (LMA) lebih sering terjadi pada orang dewasa dari pada anak-anak.Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
    Sel mielosit yang dalam keadaan normal yang berkembang seharusnya menjadi granulosit. Tapi pada penderita LMA, sel mielosit berubah menjadi ganas dan dengan segera akan menggantikan sel-sel normal di sumsum tulang.
    Leukemia mielositik akut bisa menyerang segala usia, tetapi paling sering terjadi pada dewasa.
    Sel-sel leukemia yang tertimbun di dalam sumsum tulang, menghancurkan dan menggantikan sel-sel yang menghasilkan sel darah yang normal dan inilah awal terbentuknya sel kanker. Sel kanker ini kemudian dilepaskan ke dalam aliran darah dan berpindah ke organ lainnya, lalu melanjutkan pertumbuhannya dan membelah diri. Selanjutnya, sel kanker ini akan membentuk tumor kecil (kloroma) di dalam atau tepat dibawah kulit dan bisa menyebabkan meningitis, anemia, gagal hati, gagal ginjal dan kerusakan organ lainnya.
  3. Leukemia Limfositik Kronis
    Leukemia limfositik kronis (LLK) sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak.
    Leukemia limfositik kronis ditandai dengan adanya sejumlah besar limfosit (salah satu jenis sel darah putih) matang yang bersifat ganas. Pertumbuhan dan perkembangbiakan sel ini sering ditemukan pada kelenjar getah bening. Tapi dalam perkembangannya sel leukemia ini bisa masuk ke organ lain dengan memanfaatkan aliran darah ke hati dan limpa.
    Masuknya limfosit ini ke dalam sumsum tulang akan menggeser sel-sel yang normal, sehingga terjadi anemia dan penurunan jumlah sel darah putih dan trombosit di dalam darah. Akibatnya, kadar dan aktivitas antibodi (protein untuk melawan infeksi) juga berkurang. Bahkan, karena serangan sel ini, sistem kekebalan yang biasanya melindungi tubuh terhadap serangan dari luar, justru seringkali menjadi salah arah dan menghancurkan jaringan tubuh yang normal.
  4. Leukemia Mielositik Kronis
    Leukemia mielositik kronis (LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.
    Leukemia mielositik kronis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh perubahan sel darah putih dalam sumsum tulang menjadi ganas. Sehingga menghasilkan sejumlah besar granulosit (salah satu jenis sel darah putih) yang abnormal.
    Pada LMK, sel-selnya terdiri dari sel yang sangat muda sampai sel yang matang. Sedangkan pada LMA hanya ditemukan sel muda.
    Granulosit leukemik selain menggeser sel-sel normal di dalam sumsum tulang dan seringkali menyebabkan terbentuknya sejumlah besar jaringan sel tumor ganas yang bergantung pada sumsum tulang normal.
    Dalam perjalanannya, semakin banyak granulosit muda yang masuk ke dalam aliran darah dan sumsum tulang (fase akselerasi). Maka pada fase tersebut, pasien mengalami anemia (kurang darah) dan trombositopenia (penurunan jumlah trombosit).
Dari ke-empat macam-macam leukemia diatas, tipe yang sering diderita orang dewasa adalah LMA dan LLK, sedangkan LLA sering terjadi pada anak-anak.