7 April Hari Kesehatan Sedunia 2012

ASKEP Asuhan Keperawatan
7 April Hari Kesehatan Dunia 2012
MENUJU TUA : SEHAT, MANDIRI, DAN PRODUKTIF
Kesehatan Yang Baik Memperpanjang Usia dan Kehidupan


Menurut sumber di promkes (depkes), Hari Kesehatan Sedunia, 7 April 2012 difokuskan pada bagaimana kesehatan lansia yang baik dapat menambah usia dan memperpanjang kehidupan, sehingga memungkinkan mereka, tidak hanya hidup lebih lama, tetapi juga memperluas keterlibatannya secara aktif dalam semua kegiatan di masyarakat.

Hari Kesehatan Sedunia (HKS) tahun ini dimaksudkan untuk menarik perhatian dunia pada topik Penuaan dan Kesehatan, dampak dan tantangan kesehatan akibat penambahan jumlah populasi lansia di masyarakat, dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, swasta dan organisasi internasional, untuk mendapatkan komitmen dalam upaya penanganan masalah penuaan dan kesehatan.

Tujuan dari Hari Kesehatan Sedunia kali ini adalah sesuai topik yang diusung yaitu meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat terhadap Penuaan dan Kesehatan serta mengantisipasi tantangan akibat bertambahnya lansia.
Dan tujuan khusus dari Hari Kesehatan Sedunia ini adalah :
  1. Mengakui adanya berbagai kapasitas dan sumber daya diantara lansia serta menghormati keputusan dan pilihan gaya hidup lansia.
  2. Mempromosikan keterlibatan dan kontribusi mereka kedalam semua bidang kehidupan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah, dan stakeholder lain dalam mengantisipasi dan menanggapi hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan penuaan dan perlindungan bagi kelompok yang paling rentan.
Sedangkan para pelaku yang berperan aktif dalam kegiatan Hari Kesehatan Sedunia 2012 yaitu;
  • Stakeholder, lembaga tinggi negara, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, dan sektor swasta, sebagai pembuat kebijakan yang mendukung pemenuhan kebutuhan dan memberikan perlindungan pada lansia.
  • Kelompok lansi, untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa lansia dapat secara aktif berkontribusi kepda masyarakat. Mereka bisa membimbing usia muda untuk tetap sehat dan aktif pada lanjut usia.
  • Kelompok usia muda (20-30 tahun), yang akan menjadi orang tua di tahun 2050. Mereka dapat merawat dan belajar dari pengalaman lansia.
Dan kegiatan pada Hari Kesehatan Sedunia 2012 ini dilakukan sesuai dengan potensi yang ada dan menarik perhatian publik untuk bergerak mengambil peran dalam kegiata-kegiatan Aksi Bersama Untuk Kesehatan Lanjut Usia.

Kegiatan pada Hari Kesehatan Seduniadiselenggarakan oleh berbagai pihak terutama unsur masyarakat dan swasta sehingga percepatan tujuan pembangunan kesehatan menjadi tujuan bersama.

Berbagai kegiatan dalam Hari Kesehatan Sedunia yang dapat dilakukan dan bermanfaat bagi masyarakat;
  1. Mempromosikan kesehatan dalam setiap siklus kehidupan.
  2. Menciptakan lingkungan yang ramah lansia yang mendorong kesehatan dan partisipasi aktif lansia.
  3. Menyediakan layanan kesehatan yang ramah lansia.
  4. Meningkatkan peran serta lansia dalam pembuatan kebijakan publik ramah lansia.
  5. Menyadari nilai kearifan lansia dan membantu mereka untuk dapat berpartisipasi secara penuh dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Informasi langkap tentang artikel ini silahkan download Disini