Kebiasaan Pengobatan Sendiri Yang Tidak Tepat

ASKEP Asuhan Keperawatan
Banyak faktor yang menyebabkan orang berani dan mengambil resiko dengan kesehatannya jika mengalami sakit, diantaranya melakukan pengobatan sendiri. Salah satu faktor orang melakukan pengobatan sendiri adalah keengganan untuk berobat ke dokter dan alasan klasik yaitu ketidakadaan uang untuk bayar dokter dan membeli obat yang dianjurkan oleh dokter.

Melakukan pengobatan sendiri tanpa menggunakan resep dokter, sebenarnya dapat bermanfaat bila melaksanakannya dengan baik dan tepat. Tetapi melakukan pengobatan sendiri saat ini sudah banyak persepsi yang salah dalam menggunakan obat yang banyak dijalankan oleh masyarakat. Melakukan pengobatan sendiri yang salah dapat menimbulkan suatu dampak yang tak baik bagi kesehatan.

Berikut kebiasaan pengobatan sendiri yang tidak tepat dilakukan:
  • Mengobati flu dengan antibiotika
    Flu disebabkan oleh virus, tidak dapat disembuhkan dengan penggunaan antibiotik. Jadi pengobatan yang tepat adalah menggunakan antivirus.
  • Penggunaan vitamin berlebihann
    Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk mempertahankan kesehatan. Jika mengkonsumsi secara berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan.
  • Menyisakan obat untuk sakit yang akan datang. Obat yang disimpan belum tentu berkhasiat seperti awal obat itu didapat karena penyimpanan obat belum tentu sesuai dengan kondisi obat itu sendiri atau dapat merubah kondisi dari obat itu.
  • Menggunakan obat dokter yang terlihat manjur untuk orang lain. Pemakaian obat harus sesuai dengan kondisi tubuh kita, karena kondisi tubuh setiap orang berbeda.